Thursday, January 17, 2013

Part IV: Ingin mengenal lebih dekat (HS30 EXR)

Setelah terkagum - kagum dengan hasil Close Up Photography yang sudah saya dapatkan, saya mulai mencoba menbanding - bandingkan dengan photographer lainnya. Dan ternyata, hasil photo mereka lebih bagus ...... lebih jernih, lebih detail. Mata serangga seperti capung bisa terlihat begitu jelasnya.

Hmmmmm, apa iya petualangan ini harus terhenti sampai disini ? Mengingat bahwa setiap kamera memiliki keterbatasan, dan saya sudah mencoba batas dari HS30 EXR ini (menurut saya loh). Mulai cari - cari informasi mengenai Close - Up / Macro Photography dan akhirnya disimpulkan ada beberapa cara untuk menghasilkan photo Close - Up / Macro Photography yang lebih baik. Yaitu sebagai berikut:
  1. Feature Macro di kamera itu sendiri,
  2. Menambahkan Close Up Lens Filter
  3. Menambahkan Extention Tube
  4. Menggunakan Macro Lens
Yang tentunya disesuaikan dengan kamera itu sendiri, dalam hal ini lagi - lagi saya memilih pendekatan paling murah meriah. Yaitu Close Up Lens Filter, cari - cari informasi mengenai aksesoris kamera HS30 EXR akhirnya dapat informasi sbb:
  1. http://www.amazon.com/Fujifilm-FinePix-HS30EXR-Digital-Camera/dp/B006T7QSVS
  2. http://www.amazon.com/FujiFilm-Fujifilm-Includes-Multi-Coated-MicroFiber/dp/B005H0OTQE
Masih terlalu mahal! dan di luar negeri lagi. Ngebayangin bakal kena ongkos kirim dll ... putar - putar akhirnya mendapatkan referensi dari Kaskus, sayang tokonya ada di Bandung. Tapi apa boleh buat, daripada capek lebih jauh akhirnya konsultasi dengan pedagangnya via BB, negosiasi dan akhirnya deal untuk membeli Close Up Filter Set merk Optic Pro untuk ukuran lensa 58mm. Yang isinya terdiri dari 4 buah lensa (masing - masing +1, +2, +3, +4).

Transfer via bank, dapat no resi dag dig dug menunggu paket datang. Hari ke-2 setelah pesan pagi - pagi sekitar jam 09.00 datang. Testimoni-nya sudah saya buat, silahkan dibaca sendiri ya.

Hasil photonya:




Perbandingan dengan tanpa Close Up Filter:

Ngeri - ngeri sedap nih ngelihatnya hasilnya, semua dilakukan di dalam ruangan bukan di outdoor. Gimana ya hasilnya kalau menggunakan lensa ini ?

Karena sialnya masih terikat dengan kantor alias jadi kuli, maka harus bersabar menunggu sampai libur datang. Dan inilah hasilnya:

Wow! tapi kok masih ngak puas ya ? Matanya kok belum detail bener ya ? Kok kumisnya ngak keliatan ya ? Apa ada yang salah ? Apa kurang dekat dengan objek ? Apa kurang sesajen ?

Hmmmmm, kagum dan takjub tapi masih ngak puas sebagaimana sifat bawaan seorang manusia sejati yang ngak pernah puasan.

Next hunting session hasilnya adalah sbb:


Nah! ini baru memuaskan!! Akhirnya saya pikir saya sudah mencapai target Close Up Photography dengan memanfaatkan HS30 EXR + Close Up Filter Lens +10.

Masih banyak yang harus di-explore, harus didalami sampai saya benar - benar memahami batasan maksimal dari kamera HS30 EXR ini. Tapi sejauh ini saya sudah puas dengan hasil yang sudah dicapai.

Terbayar lunas, segala posisi jongkok dan nungging, becek belepetan lumpur, diliatin orang - orang ... masuk angin :)

Sekali lagi, yang sudah saya pelajari sejauh ini mengenai Close Up Photography:
  1. Sabar,
  2. Lebih dekat dengan objek,
  3. Ulang - ulang terus
  4. Tahan pegel
  5. Tahan kotor
Target selanjutnya:
  1. Mencari capung berwarna biru,
  2. Memotret aneka jenis kupu - kupu dengan target spesifik terlihat jelas matanya
  3. Memotret lebah, dengan target spesifik ngak blur :) karena saya tidak mengharapkan si lebah bakalan nangkring anteng ......
Oh ya, menggunakan Close Up Lens Filter akan membawa konsekuensi bahwa hasil jepretan kita tidak akan jernih semuanya, ada bagian - bagian terutama dipinggir yang kesannya blur (atau melengkung). Menurut istilah sih katanya ini DOF -nya tipis.

Another Shoot:
HS30 EXR + Close Up Lens +10 (Crop)

Image Aseli:
HS30 EXR + Close Up Lens +10

Benda sebenarnya (untuk memberi gambaran coba di-shoot pakai BB). Benda yang dimaksud adalah bola - bola besi kecil dengan diameter +/- 4mm:


Salam,
Virgani Dhirgacahya

1 comment:

  1. mas saya beli kamera fujifilm hsx33 exr, dengan harga 5,3jt, apakah itu harga kemahalan? saya merasa ditipu, tasinya saya ingin membeli nikon d3200, yg harganya cuma 5jt, tapi saya dihasut2 terus, dan akhirnya beli fuji, karna saya gatau kalo ternyata nikon d3200 lebih bagus dari pada fuji, jadi saya merasa menyesal dan bodoh:( tolong saya mas....

    ReplyDelete