Monday, January 14, 2013

Part I:Mengenal Lebih Jauh: FujiFilm FinePix HS30 EXR

Part I: Keputusan untuk membeli HS30 EXR

Pada awalnya secara tidak sengaja saya melihat beberapa review tentang kamera ini, beberapa di antaranya adalah sbb:

http://www.dpreview.com/news/2012/01/05/FujifilmHS30
http://www.digitalversus.com/digital-camera/fujifilm-finepix-hs30-exr-p12496/test.html

2 point yang menohok mata saya adalah 1)Super Zoom (Optical 30x) dan 2) Bentuknya DSLR look alike :)

Saya mencoba membayangkan, apa yang bisa saya lakukan dengan 30x optical zoom ? Apakah bisa memotret seekor burung yang sedang hinggap di pohon ? Apakah bisa memotret seekor semut dari jarak dekat dengan jelasnya ?

Wah! Dari rasa tersebut lama kelamaan timbul rasa greget, rasa ingin memiliki. Mulai survei beberapa website di Indonesia yang menjual kamera ini, membanding-bandingkan harga. Setiap ada kesempatan melewati toko kamera tidak pernah absen untuk melihat sosoknya dari dekat. Sampai pelayan tokonya kesal dan jutek :)

Maju mundur keputusan untuk membeli kamera ini, mengingat bahwa kamera ini bukanlah kebutuhan pokok. Apalagi mengingat harganya yang cukup lumayan hampir menyentuh angka 4jt rupiah. Yang mana cukup lumayan uang segitu apabila dibelanjakan bulanan. Hmmm bukan satu keputusan yang mudah.

Sampai akhirnya, Christine Tandibua, (untuk yang belum mengenal ybs, ybs adalah soul mate saya dalam suka dan duka), menyarankan agar saya memenuhi keinginan saya. Membeli dengan cara mencicil (ya nyicil!) dengan alasan utama: Laki - laki harus punya hobby! Hobby yang positif dan sukur - sukur bisa menghasilkan uang serta dilakukan dalam jarak pandang si soul mate hehehehehe......

Ok, niat sudah bulat, dukungan sudah didapat. Langsung hunting dan akhirnya memilih JPC Kemang sebagai tempat untuk mengawali segalanya. Dengan harap - harap cemas berangkat ke JPC Kemang, rada ngak PD ketika melihat tokonya ramai dan pengunjungnya rata - rata profesional dibidangnya (baca: berduit).

Sempet memutuskan untuk merokok dulu "Lai, aku ngerokok dulu ya ... sambil mikir - mikir sekali lagi ....."

Akhirnya dengan membulatkan tekad, membusungkan dada dan menegakkan kepala melangkah pasti masuk ke dalam toko. Beli! walau dengan alasan mau dijadikan gift-set hehehehehehehe masih minder soalnya kalau bilang buat diri sendiri, dapat harga terbaik bonus Memory Card 8GB dan sekalian beli Tripod Excel Promoss (murah meriah) + Pelindung Layar. Thanks untuk pelayanan di JPC Kemang yang tidak sombong.

Akhirnya pada hari Jumat, 28 Desember 2012 resmi meminang HS30 EXR + Tripod Excel Promoss + Memory Card 8GB + Pelindung Layar.

So, mari kita mulai petualangan dengan kamera ini.

Penutup:
  1. INGAT! Ini bukan kamera profesional, hanya kamera sejenis kamera digital pocket yang kebetulan saja bentuknya mirip kamera profesional. Ada keterbatasan yang tidak dapat ditandingi kamera ini bila dibandingkan dengan kamera profesional
  2. Kamera ini cocok bagi pemula yang tidak mau dipusingkan dengan budget :) dan ingin belajar photography karena kamera ini menyediakan seting-an manual
  3. Be-Wise, gunakan alternatif pembelian secara cicilan. 
  4. Pertimbangkan seri HS25 EXR, dimana rata - rata menurut hasil survei di web perbedaan hanya di jenis battery dan kemampuan untuk menghasilkan photo RAW. Beberapa fungsi utam mirip. Harga lebih murah sekitar 300-400rb rupiah, tergantung kemujuran anda sih dapetin barangnya.
  5. Pertimbangkan juga seri FujiFilm Finepix S4500, yang sama - sama memiliki kemampuan Optical Zoom 30x. Dengan harga yang cukup signifikan bedanya.
  6. Patut juga dipertimbangkan Nikon CoolPix P510 dengan kemampuan Optical Zoom sampai dengan 42x .... 
Salam,
Virgani Dhirgacahya

21 comments:

  1. Salam kenal bang.. :)
    Alhamdulillaah ada juga blog kyk gini, yg membahas kamera non DSLR smpe ke akar2nyah :D
    numpang jadi anggota bang, salah satu alasan saya membeli FUJI HS35EXR adalah konten blog ini ehehe....
    numpang nimba ilmu juga, smoga smua apa yg disampaikn pda blog ini brmanfaat bwat pembacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehehehehe senang sekali mendengarnya, semoga berkenan dengan apa yang saya tulis berdasarkan suka dukanya mendapatkan kamera yang layak yang sesuai dengan kantong.

      Semoga juga tidak keberatan apabila saya jujur mengulas tentang kamera ini, termasuk kelemahannya.

      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. Replies
    1. Sama - sama, maaf telat banget reply -nya.

      Baru pulang dari Sulawesi :) terimakasih sudah mampir.

      Delete
  3. Replies
    1. Sama - sama, senang juga mendapatkan kawan - kawan baru.

      Delete
  4. Thanks mas informasinya . Sangat bermanfaat bagi saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga, terimakasih sudah mampir.

      Maaf telat reply :)

      Delete
  5. salam kenal bang..
    ane mau tanya nich bang untuk kelemahan&kelebihan antara kamera FujiFilm Finepix hs30 exr ama nikon d3100 bang,?
    trima kasih bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa ngak akan pernah bisa dibandingkan donk.

      HS30EXR masuk golongan kamera prosumer / pocket digital / bridge camera.

      Sedangkan Nikon D3100 sudah termasuk DSLR entry level (level paling bawah).

      Perbedaan paling mencolok dari kelas DSLR walaupun dari kelas paling bawah adalah kemampuannya untuk gonta ganti lensa.

      Jadi ngak bisa dibandingkan.

      Selengkapnya bisa dilihat di google mengenai spek dari HS30EXR dan Nikon D3100.

      Delete
  6. Betul mas, memang gak apple-to-apple HS30EXR sama Kamera DSLR.

    Saya sendiri punya kamera HS30EXR ini dan saya juga masih amatir. Pilihan fitur dalam HS30EXR memang memudahkan saya buat belajar sbg "tukang potret" pemula. Masukkan dari saya: manual setting utk kamera HS30EXR sebaiknya selalu pergunakan tripod.

    Saya sendiri cukup puas hasil jepretan HS30EXR, bergantung teknik & moment yang kita kuasai kalo mau dapat hasil jepretan yang optimal

    ReplyDelete
  7. kalau ma fuji hs35exr bedanya ap bang ni q dtwrin secons hs 30 3 jt hs 35 4 jt baru tp g dpt tas.bingung kg pgn hs 35 tp budget kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba search di google HS 30 EXR vs HS 35 EXR untuk lebih lengkap jawabannya mengenai perbedaan kedua seri kamera tersebut.

      Delete
  8. kl pertimbangan masnya sebagai pengguna hs30
    gmn buget saya tdk lebih dr 3jt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil yang sesuai budget dan kondisi baru. Serta kebutuhannya apa, pelajari dulu spek kamera yang ingin dibeli agar tidak menyesal kelak di kemudian hari.

      Delete
  9. Ka buat blog yang menjelaskan keguanaannya sampai jelas ka. Buat pemula kaya aku

    ReplyDelete
  10. Ka buat blog yang menjelaskan keguanaannya sampai jelas ka. Buat pemula kaya aku

    ReplyDelete
  11. Cara setting komposisi videonya gmna bang

    ReplyDelete
  12. Bang gimna ya kamera fuji hs30exr ad jamur, dan gimna cara mengatasinya??

    ReplyDelete