Tuesday, January 15, 2013

Part II: Pertama kali berkenalan dengannya (HS30 EXR)

Bongkar - bongkar isi kardus HS30 EXR, yang kurang lebih isinya adalah sebagai berikut:
  • 1 buah charger
  • 1 buah battery lithium
  • 1 buah lens-hood 
  • 1 buah lens-cap
  • 1 buah strap
  • 1 buah manual book
  • 1 buah CD Program
  • 1 buah kamera HS30 EXR itu sendiri
  • 1 buah kartu garansi FujiFilm (Kalau tidak salah ingat, nanti saya check kembali ya)
Langsung nge-charge battery sampai dengan penuh (yang ditandai dengan lampu indikator di-charger) mati. Coba pasang lens-hood untuk pertama kalinya. Kalau menurut Wikipedia, lens-hood tuh gunanya untuk mengurangi silau. Buat saya pribadi, lens-hood gunanya untuk keren-kerenan saja. Berasa gagah dan profesional saja nenteng kamera yang dilengkapi dengan lens-hood.

Kemudian dilanjutkan dengan installasi CD ke komputer PC, ngak terlalu banyak kesulitan. Kalau PC terkoneksi ke Internet maka akan ada pemberitahuan upgrade. Ikuti saja petunjuk yang muncul di layar.

Tripod: nah ini dia! walau murah meriah tapi mahluk satu ini cukup asing bagi saya. Mulai coba - coba utak - atik dan beberapa saat kemudian mulai memahami fungsinya. Kurang lebih fungsinya seperti ini nih:
  1. Bisa dinaik turunkan,
  2. Kakinya ada tiga, bisa direnggangkan tapi ngak sampai posisi ngangkang,
  3. Apabila kamera sudah dipasangkan, maka kamera tersebut bisa naik turun
  4. Plus bisa diputar - putar sampai dengan 360 derajat
wow! keren juga. Sudah terbayang beberapa gaya pada saat nanti nge-shot pasti tambah keren. Bobotnya cukup lumayan tapi masih bisa di-handle  dengan 1 tangan (lengkap dengan kamera terpasang). Pada praktiknya nanti ternyata harus membiasakan diri menaik turun kan kamera, memutar - mutar kamera dengan lembut.


Hmmmm, battery sudah penuh, tripod sudah mulai ngerti cara pakainya, sekarang saatnya untuk mulai jepret - jepret.

Oh ya, sebelum lupa. Sebagai informasi tambahan pembelian Tripod Excel Promoss ini sudah dilengkapi dengan tas selempang warna hitam. Jadi si tripod bisa dipendekkan, masukkan ke dalam tas (tanpa kamera tentunya). Pundak sebelah kiri nenteng kamera, pundak sebelah kanan nenteng tas isi tripod. Memudahkan apabila kita travelling.

Mari kita ke lapangan! dan mulai berburu photo!

Salam,
Virgani Dhirgacahya

Edited:
21 Januari 2013: Ini photo gear saya secara lengkap


Kika: Tas 60rb-an, kamera HS30 EXR terpasang Close Up Lens Filter +10 (Kelihatan kan ?), Lens Hood, Close Up Lens Filter Pouch, dudukan kamera di tripod, charger battery dna di belakang berdiri adalah tripod itu sendiri.

No comments:

Post a Comment