Saturday, November 23, 2013

Epitaph: Macro Photography

Photography Macro itu buat saya adalah:

Eksplorasi, menjelajahi tempat - tempat yang baru. Menemukan objek - objek yang baru dan belum pernah saya lihat. Terkadang frustasi kalau gagal menangkap moment. Adrenalin jadi terpacu untuk datang dan datang kembali berharap bertemu lagi dengan objek yang dimaksud dan dapat meng-capture dengan baik (ngak OE, ngak UE, pose OK dlsbg -nya). Menyebalkan dan membosakan melihat pengulangan objek itu lagi - itu lagi.

Interest, apabila bisa menangkap detail dari objek - objek tersebut. Mengabaikan segala hal yang berhubungan dengan tonal dan background maupun komposisi.

Magnification dan sharp detail, mencoba melihat sesuatu yang tidak terlihat. Entah itu bulu - bulu halus, bagian - bagian tubuh tertentu, cakar tersembunyi, yang selama ini dengan mata telanjang tidak dapat terlihat malah lebih sering diacuhkan.

Tantangan, bagaimana mensiasati keterbatasan gear (sensor kecil), bagaimana mensiasati pencahayaan. Bagaimana mensiasati keterbatan.

Belajar, belajar dari photo2 yang masuk ke dalam kriteria saya. Belajar dari senior - senior dengan gear mereka, tehnik mereka, kesabaran mereka, passion mereka. Semangat dan gairah untuk memberikan sesuatu yang baru, sesuatu yang detail. Bukan sekedar untuk mendapatkan apresiasi.

Sharing, terutama soal pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan tentang objek. Bukan tentang gear, bukan tentang tehnik. Karena gear dan tehnik kembali ke selera masing - masing.

Inspirasi, thanks untuk para senior maupun rekan2 yang telah menginspirasi saya. Entah itu dengan ide, tehnik dan terutama dengan penemuan objek - objek baru yang belum pernah saya lihat.

Thanks, untuk para rekan - rekan dan terutama para serius-ers yang telah membimbing saya. Memberitahukan ID dari objek yang berhasil saya temukan. Menambah wawasan dan elmu.

No comments:

Post a Comment