Wednesday, February 6, 2013

Part XXI: Kebun Raya Bogor - Capung

Akhirnya yang memang diincer! yaitu capung alias Dragon Fly. Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi capung, selain yang umum yaitu capung hijau.

Terus terang hunting capung di Kebun Raya Bogor menyenangkan sekaligus mengecewakan. Menyenangkan karena jumlah dan jenisnya banyak, mengecewakan karena pada jual mahal. Beda bener ya sama capung Jakarta .. yang gampang bener dideketin sampai jarak sekitaran 2 - 5 cm ...

Di Kebun Raya Bogor, bener - bener susah untuk mendekati capung. Ngak ngerti juga apakah memang begini tabiatnya di alam liar ? 

Selain susah didekati (mereka gampang curiga, terbang dan pindah). Lokasi tempat mereka nemplok juga kadang nyusahin bener! di tengah kolam lah .... sisi kolam sebelah kanan, kita pindah ke kanan mereka enteng bener pindah ke sisi kolam sebelah kiri. Kita kan ngak mungkin melintasi kolam!

Tapi disisi lain ini juga merupakan suatu indikator, bahwa lingkungan di Kebun Raya Bogor relatif masih bersih (tanah, udara dan air). Mengingat bahwa capung merupakan serangga yang sering dijadikan rujukan untuk  menilai kebersihan satu lingkungan.

Bagian III: Capung

























Nyelip satu di atas poto Capung Jarum, yang sebenarnya katanya tidak termasuk keluarga Dragon Fly melainkan DamselFly (moga - moga ngak salah tulis).

Asiknya Kebun Raya Bogor adalah kita bisa melihat Capung melakukan aktifitas sebagaimana mestinya di alam liar. Termasuk ketika mereka sedang melakukan perkawinan, ngak sekali dua kali melihat adegan capung kawin, terbanyak dilakukan oleh Capung Hijau. Mungkin itu penyebab Capung Hijau bertebaran dimana - mana kali ya ?

Semakin menarik warna capungnya, semakin cantik motif capungnya, semakin sulit untuk didekati.

Bikin penasaran ngak bisa bikin poto CUP untuk melihat keindahan mata mereka.

Salam,
Virgani Dhirgacahya

No comments:

Post a Comment