Monday, May 20, 2013

Part XXXVII: Foto dengan Tema "Mimpi Burok" a.k "Nightmare"

Hi,

Lagi mencoba untuk membuat foto - foto dengan tema, jadi kalau selama ini melakukan sesi jepret dengan metode point-and-shot alias keliling cari objek, ketemu, deketin, terus jepret ... sekarang coba mengolah T.K.P dengan memainkan speed dan (kadang) dibantu internal-flash.

Apa hasilnya ? Lihat sendiri ya.





Foto - foto diatas sebenarnya biasa saja, objeknya adalah laba - laba jenis orb-weaver (tolong koreksi kalau saya salah) yang sering ditemukan di taman - taman atau di pekarangan rumah. Kebetulan ini laba - laba termasuk pasif tidak seperti jumping spider yang hobby loncat. Karena pasif, jadi enak buat ambil focus -nya.

Pas kebetulan di T.K.P si laba - laba nongkrong alias membuat sarang di pucuk bunga, saya ngak ngerti apa nama bunganya.

Dengan memainkan high-speed, maka sebagai kompensasinya saya membutuhkan cahaya tambahan. Mau ngak mau harus mengaktikan internal flash, kenapa ? Karena kalau bermain high-speed tanpa dibantu oleh cahaya (baik itu cahaya matahari yang terik atau cahaya dari lampu flash) maka hasil foto kita akan gelap. Kebetulan pas jepret di sore hari yang agak mendung mengundang.

So belakangan ini saya jadi seneng main dengan high-speed, walau ada resiko foto yang diambil jadi gelap. Atau bila kena internal flash, pantulannya jadi jelek sekali. Gpp, dengan melakukan eksperimen terus terusan nanti akan ketemu rumusnya yang tepat.

Foto - foto tersebut di atas tidak diolah (Post Processing) dengan menggunakan software apa pun, hanya di-crop (sedikit) dan di-resize. Efeknya saya suka, jadi kesannya abstract bener, kalau yang full-size dipajang di desktop computer jadi background keren amir.

Yang minat untuk dapetin full-size (original) silahkan PM saja, nanti saya kirim via e-mail. Tapi hati - hati ukurannya besar.

Salam,
Virgani Dhirgacahya

No comments:

Post a Comment