Wednesday, May 22, 2013

Part XXXIX: Post Processing (PP)

Hi all,

Dari beberapa masukan rekan - rekan di forum, banya yang menyarankan tentang PP (Post Processing). Apa sih yang dimaksud dengan PP ? PP adalah kondisi dimana foto yang kita hasilkan kita oleh dengan menggunakan software seperti Photoshop dan sejenisnya.

Lalu melakukan perubahan / perbaikan atau menambahkan efek / filter. Saya pribadi tidak pernah menggunakan PP untuk semua foto - foto saya. Yang sering saya lakukan adalah melakukan resize dan cropping.

Resize sudah pasti saya lakukan untuk mengecilkan ukuran file agar bisa di-upload. Cropping kadang saya lakukan untuk memperkuat objek yang ingin saya tampilkan.

Kenapa saya tidak menyukai PP ? Untuk saat ini saya lagi mau belajar untuk menghasilkan foto yang bagus dengan kamera saya alias belajar fotografer, dan bukan lagi mau belajar photosopher. Tapi, saya pribadi tidak anti dengan foto - foto yang di PP. Selama foto awalnya sudah bagus, pasti akan jadi lebih bagus lagi kalau di PP.

Berikut adalah contoh contoh foto yang saya cropping:








Bisa kan membedakan foto yang asli dengan foto yang di-cropping ? Yang menyenangkan adalah, ketika foto asli saya cropping maka detail -nya masih terjaga. Malah ketika di-cropping detailnya akan semakin terlihat jelas.

Saran saya, untuk rekan - rekan yang masih belajar sama seperti saya, jangan takut membuat foto yang jelek dengan HS30EXR. Perbaiki foto yang jelek tersebut dengan menggunakan HS30EXR itu sendiri, alias jepret ulang dan ulang terus sampai menghasilkan foto yang bagus. Jangan sekali - kali menggunakan software untuk memanifulasi foto kita. Misalnya membuat warna biru langit menjadi tambah biru atau menghapus objek agar foto kita terlihat semakin ciamik.

Tahap awal, kuasai dulu HS30EXR. Agar bisa menghasilkan foto - foto yang bagus, kalau sudah OK, tahap selanjutnya adalah mengolah foto - foto tersebut dengan software agar hasilnya bisa semakin ok.

Jadi tahapannya adalah: fotografer --> photoshoper :) lah kalau sudah pinter photoshop bagaimana ? Ya pinterin dulu sisi fotografer -nya.

Tetap belajar! dan tetap semangat!

Salam,
Virgani Dhirgacahya

No comments:

Post a Comment