Monday, June 24, 2013

Part 42: Digital Art - Macro

Hi,

Lama ndak update :) Sekali - kali jenuh juga hunting dan keringetan terkena panas nyengat di lapangan, jadi boleh lah kita bermain - main dengan photo yang kita miliki dengan menggunakan aplikasi pengolah grafik yang banyak bertebaran.

Silahkan dinikmati hasil Digital Art - Macro ini, semua photo asli tetap diambil dengan kamera kesayangan HS30EXR + Raynox, lalu ditambahkan efek seperlunya. Photonya sendiri ngak diutak - atik lagi.













Salam,
Virgani Dhirgacahya

4 comments:

  1. Gan, mau nanya nih...saya jg habis beli hs30EXR...bagaimana menggunakan mode makro obyeknya begitu jelas..saya udah nyoba pake manual tapi karena proses savenya agak lama (apa memang begitu?) jadi goyang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Sandra Dewi,

      Kebiasaan saya adalah:
      1. Bermain di modus speed, jadi saya pilih modus speed lalu set speed -nya berkisar antara 60 - 120. Dengan kondisi pencahayaan yang bagus (tidak terik tapi tidak gelap). Apalagi kondisi cahaya tidak mendukung maka saya akan mengaktifkan lampu flash yang dilengkapi dengan diffuser.

      2. Apabila kondisi memungkinkan saya akan menggunakan tripod, atau mengkondisikan kamera di permukaan yang kuat.

      3. Lalu mode makro saya set di "Macro" bukan "Super Macro", karena kalau di "Super Macro" maka lampu flash tidak akan menyala.

      4. Jarak antara saya dengan serangga cukup dekat, berkisar antara 5 - 10cm.

      Proses save lama ? ada 2 kemungkinan, kemungkinan pertama mungkin karena kecepatan shutter speed -nya diset terlalu lambat. Coba set antara 1/60 - 120 atau bahkan lebih.

      Kemungkinan kedua, apakah memory card sudah penuh ?

      Semoga membantu ya, terimakasih sudah mampir.

      Delete
    2. Maaf gan, saya cowok..ini id istri saya..terimakasih penjelasannya. Sebenarnya mau beli Fujifilm XS-1..tapi karena dikota saya ga ada..pilihan jatuh kepada fujifilm hs30EXR..apalagi setelah menyimak pengalaman agan lengkap dengan hasil foto2 yang ciamik..Boleh nanya lagi gan, bagaimana melengkapi diffuser pada flash bawaan fuji hs30EXR..terimakasih...

      Delete
  2. Hallo Mas Bro, mohon maaf atas kesalahan penyebutannya. Mengenai diffuser .. ntar saya bikin sendiri ya artiket tersendiri.

    Singkatnya: Bisa bikin sendiri atau beli yang sudah jadi :)

    ReplyDelete